Jika Kamu Susah Tidur, Ternyata Cukup Lakukan Ini Bisa Membuat Tidurmu Lebih Nyenyak

Jika Kamu Susah Tidur, Ternyata Cukup Lakukan Ini Bisa Membuat Tidurmu Lebih Nyenyak

menupagi.com - Tidur adalah aktivitas sangat penting bagi manusia, karena pada saat itu hampir semua organ tubuh beristirahat kecuali jantung tentunya. Karena itulah kenapa seseorang disarankan agar bisa memiliki jam tidur yang cukup dan berkualitas. Betul, tidak hanya cukup namun juga berkualitas. Tidak sedikit dari kita yang tidurnya cukup namun seringkali tidak nyenyak, sering terjaga sehingga manfaat tidur pun kurang maksimal karena kualitas yang kurang baik.

Kenapa Bisa Susah Tidur Meski sudah Capek?


Dilansir dari Huffington Post, sulit tidur malam karena badan kecapekan bisa menjadi buah simalakama dari pola tidur yang buruk sejak sebelumnya. Begini, jika dari awal Anda sudah memiliki jadwal tidur yang berantakan (dan terbiasa tanpa perbaikan), Anda tidak akan merasa bugar dan semangat untuk beraktivitas. Badan yang terasa “berat” karena kurang tidur bisa membuat Anda lebih gampang kecapekan.



Akumulasi dari kombinasi stres fisik karena badan yang kecapekan dan stres emosional dari aktivitas harian yang ditambah dengan stres karena Anda merasa tidak kunjung bisa tidur yang kemudian membuat waktu tidur Anda makin berkurang, bisa menyebabkan Anda jadi sulit tidur malam. Meskipun bisa tidur, itupun tidak nyenyak.


Bagaimana agar Bisa Tidur Lebih Nyenyak?




Dilansir dari Independent, sebuah penelitian di Penn State University, Pennsylvania menyatakan bahwa seseorang yang tidur selama enam jam semalam cenderung lebih kekurangan air dan dehidrasi dibanding mereka yang tidur dalam jangka waktu cukup, yaitu delapan jam sehari. Penelitian ini sendiri dipublikasikan pada jurnal SLEEP dan dilakukan terhadap 20.000 orang dewasa di Amerika Serikat dan China dengan menganalisis kebiasaan tidur dan sampel urine mereka.

Peneliti juga menemukan hubungan antara kualitas tidur dengan hidrasi pada diri seseorang ditentukan oleh hormon dalam tubuh bernama vasopressin.

"Vasopresin dilepaskan pada tubuh lebih cepat atau lebih kemudian pada sebuah siklus tidur," terang Asher Rosinger, peneliti sekaligus asisten profesor di Penn State.

"Jadi, jika kamu terbangun lebih awal, kamu mungkin melewatkan saat ketika sebagian dari hormon tersebut dilepaskan, yang menyebabkan gangguan pada hidrasi dalam tubuh. jika kamu hanya tidur selama enam jam, maka ini akan mempengaruhi status hidrasimu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah jika kamu tidak cukup tidur dan merasa lelah pada esoknya, minumnya lebih banyak air," sambungnya.

Dehidrasi sendiri memiliki sejumlah efek buruk pada tubuh. Mulai dari pusing, mudah mengantuk, hingga air kencing yang berwarna gelap dan berbau pesing.

Cara paling mudah untuk selalu terhidrasi adalah dengan banyak minum. Selain itu, pastikan juga untuk mengurangi jenis minuman tertentu seperti kafein, teh, serta alkohol, yang dapat menyebabkan tubuh dehidrasi.

Namun mengenai jumlah pasti air putih yang harus dikonsumsi dalam sehari, masih ada silang pendapat dari ahli. Sebagian ahli menyarankan empat liter sedangkan sebagian menyebut cukup dua liter saja.

Yang jelas, jika kamu ingin dapat tidur nyenyak pada malam harinya, minumlah air putih banyak-banyak. Selain itu jika tidur malam sebelumnya juga kurang nyenyak dan kamu merasa lelah, minum air putih juga. Karena air putih adalah kunci bagi tidur berkualitas.

Itulah informasi tentang cara agar bisa tidur lebih nyenak hanya dengan air putih.

Sumber : merdeka.com & Hallosehat.com


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar