image
Rute dan Lokasi Wisata Alam Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung

Rute dan Lokasi Wisata Alam Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung

menupagi.com - Rute dan Lokasi Hutan Raya Ir. h. Djuanda - Apakah anda adalah orang yang menyukai traveling? Di era sekarang ini tempat berwisata tidak hanya melulu sebuah pantai atau pun lautan. Namun sudah banyak bermunculan daerah wisata alam dan salah satunya adalah Wisata Hutan Raya Ir. H. Djuanda di daerah Bandung Jawa Barat ini. Letak lokasi Taman Raya Ir. H. Djuanda ini berada di Dago Pakar. Untuk menuju tempat wisata alam dan tempat-tempat bersejarahnya, anda dapat melaluinya dari daerah Lembang dan tepatnya di Maribaya Lembang Bandung Barat.




Bisa dibilang Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda (Tahura) ini adalah menu wisata utama yang dimiliki daerah Bandung Utara. Suasana asri dan udara sejuk dihasilkan karena banyaknnya pepohonan hutan yang terjaga dan alami. Hal ini juga memberikan daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung kemari.

Berwisata Dengan Keluarga Di Tahura Bandung

Tak hanya menikmati hawa kesejukan khas hutan bandung, letak dan kondisi geografis Tahura ini sangat mendukung karena berada di cekungan Bandung yang membentang. Mulai dari dago pakar, curug dago bahkan sampai Maribaya yang masih termasuk dalam kawasan wisata gunung Polosari.

Selain bisa untuk berwisata, anda juga bisa mengajak anak-anak dan keluarga untuk wahana edukasi, melepas penat dan menikmati keindahan alam bersama keluarga. WIsata edukasi seperti tempat-tempat bersejarah, kecintaan terhadap lingkungan dan pelestarian lingkungan bisa dipelajarinya disini.


  1. Museum Ir. H. Djuanda 
  2. Monumen Museum Ir. H. Djuanda 
  3. Curug Omas 
  4. Curug Dago 
  5. Goa Jepan
  6. Goa Belanda 
  7. Objek wisata Maribaya 
  8. Penangkaran Rusa 
  9. Curug Koleang 
  10. Wisata Outbond
  11. Tebing Keraton


Rute ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Jika anda ignin berwisata ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, ada dua rute yang bisa anda ambil sebagai jalan alternatif. Anda bisa masuk melalui pintu masuk yang berada di Lembang maupun pintu masuk yang berada di kawasan Dago. Jadi anda tinggal memilih daerah mana paling mudah anda akses.

Harga tiket masuk yang ditawarkan relatif jerjangkau yaitu Rp 10.000 per orang untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara adalah seharga Rp 76.000 per orang. Jam buka mulai dari pukul 06.00 sampai pukul 18.00. Biaya untuk parkir mobil Rp. 5000, sepeda motor Rp 2000, dan bus Rp 15.000. Harga tersebut relatif terjangkau dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika berwisata ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, anda tidak usah risau tentang fasilitas pendukung di sini. Wisata ini sudah dilengkapi dengan sarana atau fasilitas pendukung seperti kondisi fisik yang baik, mushola, toilet, jalan yang memadai, saung atau gazebo untuk beristirahat sejenak, play ground untuk anak, wisma atau penginapan jika ingin menikmati suasana malam di area wisata, pemandian air panas alami dan area parkir. Semua untuk kenyamanan pengunjung sudah lengkap dan terawat disini.

Rute transportasi umum atau kendaraan pribadi bisa ditempuh melalui :
Bisa dibilang campur tangan pemerintah untuk membangun wisata ini sangat baik, karena jalan untuk menuju ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini sangat baik yang bisa dilalui menggunakan kendaraan umum, bus, mobil dan sepeda motor.

Jika anda ingin bepergian menggunakan angkot maka ada 2 angkot yang bisa mengantar anda sampai ke lokasi, antara lain :

#1. Angkot trayek Ciroyom - Ciburial, kendaraannya berwarna hijau putih. Angkot ini biasanya ngetem untuk menunggu penumpangnya di simpang Dago.

#2. Angkot trayek Dago - Caringin, kendaraannya berwarna oranye. Trayek angkot ini bisa melalui jalan Suci Pahlawan dan Cikutara.

Setelah anda menaiki ke-dua trayek angkot tersebut, mintalah berhenti di petigaan Tahura Djuanda. Patokannya adalah sebuah minimarket atau langsung saja bertanya pada pak sopir. Lalu anda bisa menggunakan jasa ojek atau berjalan kaki. Kurang lebih 500 m dari tempat tersebut anda akan sampai di gerbang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Sedangkan jika anda mengmbil rute dari Lembang ke Maribaya jaraknya kurang lebih 4 km dengan konsisi jalan yang sangat baik. Rute tersebut juga bisa dilalui dengan kendaraan roda dua maupun roda empat termasuk bus.

Demikian informasi tentang rute dan lokasi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang bisa anda jadikan alternative wisata alam yang berbeda dengan suasana hutan nan sejuk.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar