image
6 Alasan Kenapa Android Perlu di Root / Manfaat dan Fungsi Root

6 Alasan Kenapa Android Perlu di Root / Manfaat dan Fungsi Root

menupagi.com - Untuk pengguna casual, yang gak neko-neko, mungkin istilah root kurang familiar bagi mereka. Namun buat mereka yang suka oprek hp/Android, istilah root sangat biasa terdengar. Tulisan ini dibuat untuk kamu yang belum mengetahui tentang root hp android. Inilah 5 Alasan Kenapa Amdroid Perlu di Root. 


Apakah Root Android itu? 

Mendapatkan akses root di Android mirip dengan menjalankan Windows sebagai administrator. Kamu memiliki akses penuh ke direktori sistem dan dapat mengubah cara pengoperasian OS. Dengan demikian kamu bisa memodifikasi sistem Android agar sesuai dengan yang kamu inginkan, dimana hal tersebut tidak bisa kamu lakukan pada Android non root. Ada banyak manfaat dari melakukan root pada perangkat android kamu, namun perlu dicatat juga bahwa ada juga resiko yang perlu kamu pahami. So, jika mau melakukan root silahkan cari referensi yang terpercaya, atau cari jasa root di sekitar kamu.

Fungsi dan Manfaat Root Android

Pada artikel ini menupagi akan berfokus pada pembahasan fungsi atau manfaat yang akan kamu dapatkan jika melakukan root Android :

1. Menghapus Bloatware / Aplikasi Bawaan
Pada beberapa smartphone Android, khususnya perangkat yang dibeli dengan label garansi distributor biasanya memiliki bloatware yang sangat banyak.  Sebenernya di Android garansi resmi juga ada beberapa bloatware yang sebenarnya tidak berguna dan bisa kamu uninstall. Aplikasi tersebut memakan banyak memori ram dan kadang juga koneksi internet jika berjalan di latar belakang. Oleh karenanya cukup bijak jika aplikasi bloatware tersebut dihapus atau diuninstall. Sayangnya, security dari Android tidak memberikan pengguna akses untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan tersebut. Dengan melakukan root Android, salah satu manfaatnya adalah kamu bisa menghapus aplikasi bloatware yang tidak berguna tersebut secara permanen.

2. Kebebasan Download Aplikasi
Playstore hanya salah satu sumber gudang aplikasi yang resmi untuk Android yang dikelola langsung oleh google. Disamping itu ada banyak sumber aplikasi lain selain playstore yang bisa menjadi referensi untuk mencari aplikasi yang sesuai dengan yang diinginkan.

Beberapa aplikasi baik di playstore maupun dari sumber lain membutuhkan akses root untuk menjalankannya. Paling rame ambil contoh aplikasi kamera GCam, aplikasi kamera yang bisa buat bokeh ini membutuhkan akses root untuk mengaktifkan cam2api agar aplikasi ini bksa berjalan dengan sempurna. 

3. Bisa Install Custom ROM
Bosan dengan user interface hp android kamu? pengen ganti tampilan namun hp tetap sama? Kamu bisa install Custom ROM android yang banyak bertebaran di internet. Beberapa Custom Rom yang dirilis oleh developer saat ini bahkan banyak yang merekomendasikan, khususnya jika kamu ingin mengoptimasi performa hp android kamu untuk gaming. Viper OS salah satu custom rom yang menurut netijen sangat smooth untuk gaming. Custom Rom terbaik yang bisa kamu pakai bisa dicari di forum XDA Developer, disana juga sudah disertakan dengan cara instalasi dan link downloadnya. 

4. Mempercepat Kinerja Prosesor
Sebuah prosesor biasanya clock speednya dibatasi di angka tertentu, salah satu tujuannya agar prosesor tidak bekerja terlalu keras sehingga menjadi lebih awet, selain itu untuk menghindari overheat. Nah ada beberapa pengguna yang ternyata tidak puas dengan clock speed prosesor hp androidnya. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan over clock prosesor, yang bisa kamu lakukan dengan rooting, tentu saja ada konsekuensi-konsekuensi yang akan diterima. 

5. Menghemat Daya Baterai
Semakin lama smartphone dipakai, akan semakin lemot performa dan semakin boros pemakaiam baterainya. Hal tersebut dikarenakan semakin banyak aplikasi yang didownload, sehingga otomatis smartphone bekerja lebih keras dan membutuhkan daya yang lebih dibandingkan dengan smartphone baru dengan aplikasi yang lebih sedikit. Dengan melakukan root Android, kamu bisa melakukan kalibrasi baterai android sehingga membantu kamu agar baterai tidak lagi terlalu boros. Caranya adalah dengan mendownload aplikasi battery callibration. 

6. Memindahkan Aplikasi dari Internal ke Eksternal
Secara default, penyimpanan aplikasi akan menggunakan internal storage. Ada beberapa hp android yang bisa memindahkan aplikasi dari internal storage ke memori eksternal. Jika hp android kamu tidak bisa memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal, jangan khawatir karena kamu bisa melakukan hal tersebut jika android kamu sudah di root. 


Demikianlah 6 alasan mengapa hp android perlu di root. Namun dibalik manfaat / Fungsi root untuk Android, ada juga resiko yang akan timbul jika kamu melakukan root di Android. Oleh karenanya do with yout own risk. :) 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar