image
Tempat Wisata di Tulungagung - Pantai Cantik nan Eksotis Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata di Tulungagung - Pantai Cantik nan Eksotis Wajib Kamu Kunjungi

menupagi.com - Tulungagung merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur, berjarak sekitar 154 kilometer dari Surabaya. Dalam bidang industri, Tulungagung adalah salah satu kabupaten penghasil marmer terbesar di Indonesia loh. Untuk kamu yang belum pernah tahu Tulungagung, sini om kasih tahu. Aiih. Tulungagung berbatasan langsung dengan pantai selatan Jawa, so tidak heran jika banyak tempat wisata pantai di Tulungagung. Hmm, yaa buat kamu anak pantai, atau jenuh di kota dan pingin mantai, nih tim redaksi menupagi kasih info tentang Tempat Wisata Pantai di Tulungagung Yang Perlu Kamu Kunjungi.

1. Tempat Wisata Tulungagung - Pantai Popoh
Pantai Popoh ini adalah destinasi wisata pantai yang paling terkenal dan menjadi andalan di sana. Banyak traveler yang merekomendasikan penikmat pantai untuk melancong kesana. Hmm emang bagus? Pantai Popoh ini terletak di selatan pusat kota Tulungagung, berjarak sekitar 30 km. Kamu bisa menempuhnya dengan mobil atau sepeda motor. Jika kamu menggunakan kendaraan umum, kamu perlu menyewa mobil untuk sampai ke Pantai Popoh, perjalanan tidak lama kok, paling cuma sejam. Sebelum mencapai bibir pantai, kamu akan disuguhi oleh pemandangan hutan yang asri, jalanan yang berkelok (Tulung bersiap yang punya penyakit mabuk darat, hehe), dan udara yang segar. Maka nikmat Tuhan mana yg kau dustakan.


Pantai Popoh tidak seperti kebanyakan pantai yang terletak di garis pantai selatan yang memiliki ombak besar menggulung-gulung. Ombak Pantai Popoh malah tenang, beriak kecil dan cocok untuk wisata keluarga. Hal tersebut terjadi karena Pantai Popoh berbentuk teluk, sehingga ombak pun tidak langsung mencapai pantai. Kombinasi angin pantai sepoi-sepoi, birunya laut, dan riak kecil ombak Pantai Popoh membuatmu akan betah berlama-lama disini.

Lapar saat main di pantai? Jangan khawatir, terdapat banyak kuliner berbahan sea food
segar yang berjejer di pinggir pantai. Kamu tinggal pilih. Tentu ini adalah surga bagi penikmat seafood, karena bahan makanan yang diolah masih segar fresh from the dee sea. Tertarik?

2. Tempat Wisata Tulungagung - Pantai Brumbun

 
Pantai Brumbun terletak sekitar 35 km dari pusat kota ke arah selatan, tepatnya di desa Wonokoyo Kecamatan Tanggunggunung. Tidak seperti Pantai Popoh, untuk menuju ke Pantai Brumbun kamu perlu sedikit kerja keras, terutama buat kamu yang buta jalan daerah sana. Karena minim sekali penunjuk jalan ke arah Pantai Brumbun. Untuk kamu yang mau kesana menggunakan mobil, harap bersabar dan hati-hati ya gais, karena jalannya cukup sempit dan harus sedikit minggir jika berpapasan dengan mobil dari arah berlawanan, kondisi jalanpun banyak yang rusak.


Sama seperti di Pantai Popoh, pantai Brumbun berbentuk teluk sehingga ombak tidak terlalu besar. Tidak ada petugas tiket yang akan mencegat kamu, ataupun kang parkir motor/mobil. Yess pantai ini free for life, hehe, hanya ada beberapa pedagang kecil dipinggir pantai. Pantai ini favorit bagi pemancing loh, Mancing Mania! Mantap!!!


3. Tempat Wisata Tulungagung - Pantai Sidem

Bergeser sedikit dari Pantai Popoh, terdapat Pantai Sidem. Kontur pantai yang berpasir lembut sepanjang beberapa ratus meter, dihiasi oleh aktivitas nelayan yang riuh merupakan salah satu daya tarik di destinasi ini. Dari Pantai Sidem, kamu bisa melihat Pantai Popoh dari kejauhan. Pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung, selain itu banyak pemancing yang datang untuk menyalurkan hobinya. Oya, kamu dilarang mandi di pantai loh, jangan dilanggar.

4. Tempat Wisata Tulungagung - Pantai Kedung Tumpang
Inilah pantai terunik di Tulungagung, atau bahkan salah satu yang terunik di Indonesia, menurut admin, lebih keren dibandingkan Pantai Popoh, tentu dari sisi yang berbeda. Berbeda dengan wisata pantai biasanya yang berada di bibir pantai dan berbatasan langsung dengan laut, di Pantai Kedung Tumpang ini kamu akan disuguhi pemandangan berbeda dan istimewa. Spot utama pantai ini adalah gugusan karang yang berbentuk laguna-laguna atau kolam-kolam yang terisi air luat yang sangat bening. Pengunjung diperkenankan berenang karena sudah dilengkapi jaring pengaman. Namun jika air laut sedang tinggi, waspada ya. Lebih baik mainnya ketika air laut sedang surut. Untuk kamu yang hobby selfie, perhatikan pijakan dan lokasi kamu ya, jangan sampai membahayakan diri sendiri.
Perjalanan menuju lokasi pantai tidak semulus destinasi pantai sebelumnya, perlu sedikit kerja keras untuk mencapainya. Rute menuju pantai kedung tumpang ini tidak bisa ditmpuh menggunakan Mobil, jika menggunakan mobil, kamu harus transit menggunakan ojek. Untuk mencapai lokasi laguna, kamu juga harus sedikit treking kebwah sekitar 200 meter. Capek sih, tapi setelah sampai ke laguna, yakin deh capekmu terbayar. Keren banget!

5. Tempat Wisata Tulungagung  - Pantai Sanggar

Objek wisata pantai ini terletak di Dusun Ngelo, Desa Jengglung harjo Kec Tanggunggunung.Unut kamu yang menyukai suasana alami, disini pas banget. Kondisi pantainya massih natural, alami. Pasir halus membentang indah sepanjang pantai, yang  selimuti air laut jernih. Yang paling menyenangkan dilihat, tidak ada polusi sampah di laut. Vitamin Sea!




Untuk kamu yang hoby berenang, jangan coba-coba berenang disini ya karena ombaknya cukup besar dan menggulung-gulung. Hati-hati meski bermain hanya di bibir  pantai. Jaraknya cukup jauh, rute menuju pantai sanggar juga cukup menantang karena mobil tidak bisa masukk,. Tapi jangan khawatir, masih banyak kang ojek yang mau bantu kok, asal kamu bayar. haha.

Jika mau naik motor sendiri, harus ekstra hari-hati gais karena jalannya cukup ekstrem. Jalannya sempit dan terjal tanpa pengaman kanan kirinya. Mau aman mending jalan kaki, tapi yaaa... gemporrr.

Demikianlah beberapa tujuan / destiinasi wisata pantai di Tulungagung, nanti diupdate kalo sempet. Buat kamu yang sedang jenuh , pengen mantai, bosan hiruk pikuk kota, boleh lah melipir ke tulungagung dan refresh pikiranmu di pantai-pantai cantik ini. Tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan yaa :)

sumber gambar : TripAdvisor dan Detik.com
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar