image
Spesifikasi Nokia X6 Indonesia, Harga 2 Jutaan Desain Menawan

Spesifikasi Nokia X6 Indonesia, Harga 2 Jutaan Desain Menawan

menupagi.com - Nokia sedang bersiap untuk merilis seri terbarunya, yaitu Nokia X6. Setelah pada bulan Mei lalu diumumkan di China, Juli ini Nokia X6 akan dirilis untuk pasar global. Ada perubahan nama dari Nokia X6 untuk pasar global, menjadi Nokia 6.1 Plus, namun dengan spesifikasi yang identik dengan Nokia X6 yang dipasarkan di China. Salah satu nilai jual utama dari Nokia X6 adalah dapur pacunya yang menggunakan Snapdragon 636, sehingga dipastikan akan head to head langsung dengan Asus Zenfone Max Pro M1. Apalagi spesifikasi yang ditawarkan Nokia X6? mari kita ulas.

Desain Nokia X6
Seperti yang dilansir dari phonearena.com, 95% dari bagian body Nokia X6 terbuat dari bahan kaca, sedangkan sisanya berupa aluminium yaitu sebagai rangka body. Pemilihan bahan kaca tentunya memiliki plus minus. Salah satu kelebihan material kaca adalah, membuat Nokia X6 menjadi lebih premium, elegan dan terlihat mahal. Namun jangan kesampingkan sifat kaca yang bisa menjadi fingerprint magnet, sidik jari kamu akan menempel dengan mudah. Solusinya, sering-sering lah lap body Nokia X6 atau pakaikan softcase. 


Untuk bagian layar, Nokia X6 sudah mengadopsi rasio lsyar kekinian yaitu 18:9 dengan bentang layar 5.8 inchi. Layarnys sendiri berteknologi IPS dan memiliki resolusi Full HD+ 1080 x 2250 pixels dengan kerapatan 435 ppi. Layar ini juga sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 3



Bagian Nokia X6 yang didominasi dengan layar ini terlihat sangat manis, dengan desain bezel yang cukup tipis, mencapai 80% rasio to body, ponsel ini juga menganut layar berponi / notch yang ternyata tidak semua kurang suka. Pada bagian body belakang, kamera ganda yang disusun vertikal di garis tengah mengingatkan kita lada desain Nokia 6 yang sudah meluncur ke pasar terlebih dahulu. Secara umum, admin sangat menyukai desain dari Nokia X6 ini. Bagaimana menurut kalian? silahkan sampaikan di kolom komentar ya. 



Spesifikasi Nokia X6
Nokia X6 sepertinya akan dipersiapkan untuk bertarung di segmen midrange yang di Indonesia sedang dikuasai oleh smartphone ghaib. Dapur pacu dari Nokia X6 menggunakan Snapdragon 636 octacore 1.8 GHz dan dipadukan dengan GPU Adreno 509, mirip dengan prosesor yang digunakan oleh Asus Zenfone Max Pro M1.

 Ada 3 pilihan kombinasi internal storage yang ditawarkan, yaitu Ram 4 GB dengan internal storage 32 GB, Ram 4 GB dengan internal storage 64 GB serta Ram 6 GB dengan internal storage 64 GB. Jika kapasitas memori tersebut dirasa kurang, kamu masih bisa menambahkan Micro SD sampai dengan 256 GB. Namun sayang dengan menggunakan Micro SD, kamu harus mengorbankan slot SIM 2, karena Nokia X6 ini tidak memiliki slot Micro SD dedicated.


Untuk software yang digunakan, Nokia X6 berjalan dengan basis Android Oreo 8.0. Kemudian untuk fitur kamera, tidak dijelaskan apakah ponsel ini mendukung face unlock, namun yang bisa dipastikan adalah kehadiran pemindai sidik jari yang ditempatkan dibagian belakang tepat dibawah kamera. Sensor-sensor lain yang disematkan adalah accelometer, gyroscope, proximity dan compass. Sebagai penyokong daya, Nokia membenamkan baterai dengan kapasitas 3060 mAh di Nokia X6. Menurut admin, kapasitas ini terlalu kecil apalagi jika dibandingkan dengan Asus Max Pro M1.

Kamera Nokia X6
Berbicara mengenai kamera, cukup mengejutkan jika melihat setup kamera dari Nokia X6 ini. Menggunakan kamera ganda yang diletakkan secara vertikal tepat digaris tengah body belakang, membuatnya sedikit mirip dengan Nokia 6. Tepat dibawah kedua lensa kamera terdapat LED flash untuk membantu pencahayaan ketika pengambilan gambar di situasi yang minim cahaya. Kamera utama memiliki sensor beresolusi 16 MP (f/2.0, 1.0µm, PDAF, giro-EIS) + 5 MP (f/2.2, 1.2µm, no AF, depth sensor) dengan dual-LED dual-tone flash. Melihat setup sensor kameranya, kemungkinan kamera Nokia X6 akan mengunggulkan kemampuan bokeh sebagai nilai jual utamanya. Kamera utamanya bisa merekam video dengan resolusi Full HD 1080p. 


Untuk kamera depannya, cukup mengejutkan ternyata Nokia memberikan sensor kamera bereseolusi 16 MP (f/2.0, 1.0µm). Apakah hasil kamera depannya akan sebaik sesuai dengan besarnya resolusi dari kameranya? Patut ditunggu.

Harga Nokia X6 
Menarik menyimak harga Nokia X6 yang ditawarkan, karena cukup terjangkau dikelasnya. Berikut bocoran harga Nokia X6 ketika diperkenalkan di China beberapa waktu yang lalu : 

Varian Nokia X6
Harga Nokia X6
Nokia X6 (4 GB + 32 GB)
CNY 1.299 (Rp2,9 juta)
Nokia X6 (4 GB + 64 GB)
CNY 1.449 (Rp3,4 juta)
Nokia X6 (6 GB + 64 GB)
CNY 1.699 (Rp3,8 juta)
Kelebihan Nokia X6
  1. Desain premium dengan material kaca
  2. Kamera depan dengan resolusi tinggi 16 MP
  3. Support Fast Charging  (Quick Charge 3.0)
  4. Sudah menggunakan USB Type C 2.0

Kekurangan Nokia X6 
  1. Kapasitas baterai tergolong kecil
  2. Belum support NFC

Kesimpulan
Dengan range harga 2.9 jt sampai 3.8 jt (harga di China) kamu sudah bisa mendapatkan smartphone keren dengan desain premium, chipset Snapdragon 636 dan support fast charging. Tentu hal tersebut cukup worth to buy, namun jangan lupa ada beberapa kekurangan yang bisa kamu baca di ulasan diatas. Apakah Nokia X6 layak dibeli? sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya. 

Sumber Gambar : pcmop.com

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar