image
Kenapa HP Xiaomi Murah? Ini Alasannya

Kenapa HP Xiaomi Murah? Ini Alasannya

menupagi.com - Dulu Nokia dikenal sebagai HP sejuta umat, bagaimana tidak, Nokia menguasai hampir semua segmen penjualan ponsel. Baik di segmen low end mid end hingga high end ataupun flagship pada jamannya. Nah belakangan ini julukan tersebut sepertinya lebih pas jika ditujukan ke Xiaomi. Xiaomi membuat semua vendor kelabakan dengan strategi penjualannya, bagaimana tidak, dengan spek yang mumpuni HP Xiaomi dijual dengan harga yang dibawah harga rata-rata pesaingnya yang memiliki spek yang serupa.



Hal tersebut tentu membuat konsumen berpaling pada Xiaomi, membuat hampir semua keluaran Xiaomi laris manis bak kacang goreng. Contohnya pada flash sale Redmi 5A, ludes dalam beberapa menit.

Strategy harga murah dan spesifikasi mumpuni kini ditiru oleh pesaing Xiaomi, seperti Asus dengan Zenfone Max Pro M1 nya, atau Huawei dengan 9 Lite nya. Namun sayang hampir semuanya dijual dengan sistem flash sale, yang dapetnya susah banget sehingga muncul istilah baru, HP Ghaib.

Penasaran kenapa harga Xiaomi begitu murah? 

CEO Xiaomi, Lei Jun menjelaskan kenapa smartphone nya bisa dijual dengan harga miring. Hal ini dijelaskan pada saat peluncuran Mi6X di Wuhan University, China. Sang CEO berkomitmen bahwa Xiaomi hanya akan mengambil margin maksimal 5% untuk setiap penjualan produk Xiaomi. Perlu kamu tahu bahwa Xiaomi tidak hanya memproduksi smartphone saja, namun juga Speaker, Headset, Smartwatch, lampu pintar dan sebagainya. Margin 5% tentu sangat kecil untuk barang elektronik. Sebagai contoh, seperti dilansir dari Tribun.com, bahwa Samsung mendapat profit 56% dari tiap penjualan Samsung Galaxy S9+. Meski tentu belum nett, namun sangat jauh bedanya dibandingkan dengan Xiaomi.

Tentu hal ini memberi angin segar kepada para pelanggan setia Xiaomi, dan seluruh konsumen smartphone pada umumnya. Harga murah akan memicu persaingan antar vendor smartphone yang ujung-ujungnya konsumenlah yang akan diuntungkan.

Beberapa produk Xiaomi sudah beredar di Indonesia dengan label garansi resmi, karena sudah memiliki ijin TKDN dan diproduksi di Indonesia, tepatnya di Batam melalui PT Sat Nusapersada Tbk.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar