image
25+ Ide Lomba 17 Agustus yang Menarik, Lucu dan Kekinian (Lomba Anak dan Dewasa)

25+ Ide Lomba 17 Agustus yang Menarik, Lucu dan Kekinian (Lomba Anak dan Dewasa)

menupagi.com - Beberapa hari lagi bulan Juli akan berlalu, dan berganti dengan Bulan Agustus. Bulan Agustus adalah bulan yang spesial bagi masyarakat Indonesia. 73 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia melalui Sang Proklamator, Soekarno dan Hatta memploklamirkan kemerdekaan yang sudah dinanti sejak 3,5 abad lamanya. Oleh karenanya bulan Agustus selalu meriah, karena masyarakat Indonesia menyambut hari lahir Bangsa Indonesia. Kemeriahan bulan Agustus biasanya diramaikan dengan diadakannya berbagai macam lomba yang lucu dan bisa menyatukan semua elemen masyarakat. Inilah beberapa Ide Lomba 17 Agustus yang Lucu dan Menarik

Lomba 17 Agustus untuk Orang untuk Dewasa

1. Lomba Panjat Pinang


Bisa dibilang ini adalah lomba paling mainstreamin dalam setiap perayaan 17 Agustusan. Bermodalkan pohon pinang yang dilumuri minyak pelumas/oli, peserta diharuskan memanjat pohon pinang yang licin untuk mengambil hadiah yang di gantung di ujung pohon. Hadiahnya biasanya adalah perlengkapan rumah tangga. 

2. Lomba Joget Balon Suami Istri
Salah satu lomba 17 Agustusan yang melibatkan suami istri. Bermodal balon dan musik, suami istri dharuskan berjoget sambil menjepit balon berdua. Pemenangnya adalah pasangan peserta yang balonnya tidak jatuh/pecah

3. Lomba memasak Bapak-bapak
Tidak ada yg spesial dengan lomba ini, karena hanya melombakan bapak-bapak untuk memasak. Wah kalau yg ikut istrinya Rudi Khoirudin, jaminan menang dong ya. 

4. Lombah Nyuwun Tempeh / Sunggi tempeh
Ini nih lombanya ibu-ibu, lomba ini melatih konsentrasi dan keseimbangan badan untuk menjaga tempeh agar tidak jatuh. Bisa dilombakan untuk bapak-bapak juga loh. 

5. Lomba Ibu Rias Bapak dengan Mata Tertutup
Sebenarnya lomba ini agak menyiksa suami, bagaimana tidak, muka ganteng malah dirias gak karuan sambil mata tertutup. Tapi karena hanya lomba dan bisa buat ketawa, gak apa-apa lah setahun sekali aja kok. 

6. Lomba Gendong Istri
Suami Siaga wajib ikut lomba ini. Beruntung buat yang memiliki istri mungil, bisa kenceng larinya. Lomba ini bisa dikombinasikan dengan lomba makan krupuk. Gimana para suami, siapppp??? 

Lomba 17 Agustus Untuk Anak-anak dan Dewasa


1. Lomba Pecah Balon Air
Para peserta diharuskan untuk memukul balon berisi air dengan mata tertutup. Ada beberapa balon air yang tersedia untuk beberapa peserta. Peserta yang berhasil memecahkan balon pertama kali adalah pemenangnya. Biasanya sebelum memukul balon, peserta diputer2 dulu biar hilang arah, duh jahatnya. 

2. Lomba Tangkap Belut
Geli-geli gimana gitu lomba ini, peserta diminta untuk menangkap belut sebanyak-banyaknya. Biasanya lomba ini diadakan di empang berlumpur. Seru ya? eh kalau kamu geli sama belut, gausah ikutan ya. 

3. Lomba Pindah Belut antar Baskom
Hampir sama dengan lomba menangkap belut, namun disini kamu disuruh untuk memindahkan belut dari baskom ke baskom yang lain. Biasanya ditambah peraturan, dilarang memegang kepala belut. Nah lo, susah kan. Tapi seru!! 

4. Lomba Tarik Tambang Ibu-ibu
Ibu-ibu kan biasanya masak, nah disini akan diadu tarik tambang. Dijamin heboh deh, apalagi kalau ibu-ibu kan banyakan jeritnya daripada lombanya. 

5. Lomba Bakiak Beregu
Lomba ini menguji kekompakan suatu kelompok peserta. Kelompok yang paling kompaklah yang akan menang. Kuncinya ada di keseragaman langkah kaki. Salah satu cara memenangi lomba ini adalah dengan mencari teman kelompok yang tingginya hampir sama, sehingga jarak langkahnya pun hampir sama. Tinggal menjaga kekompakan langkah. Lomba ini mainstream, tapi seru dan bisa diterapkan di lomba 17 Agustusan.

6. Lomba Enggrang
Enggrang adalah salah satu kearifan lokal yang mesti dilestarikan. Ini adalah dolanan jaman dulu yang sekarang sudah tergerus jaman. Kamu akan diminta untuk menyeimbangkan tubuh di atas bambu yang sudah di desain sedemikian rupa, tidak hanya menyeimbangkan tubuh tapi kamu harus berjalan diatas enggrang tersebut. Lomba balap enggrang di acara 17 Agustusan diharapkan bisa melestarikan kearifan lokal ini.

7. Lomba Sepeda Lambat

Beda dengan lomba balap sepeda pada umumnya, lomba ini mengharuskan peserta untuk memacu sepedanya sepelan mungkin dan kaki tidak boleh menginjak tanah. Peserta yang paling terakhir sampai finish adalah pemenangnya, jika ada peserta yang jatuh/menginjak tanah maka dia tereliminasi. Lomba Sepeda Lambat ini oke juga loh untuk memeriahkan Lomba 17 Agustusan di Kampungmu

8. Lomba Sepakbola Dangdut
Lomba ini sama dengan sepakbola biasa, yang membedakan hanya ada dangdutnya. Peserta akan bermain sepak bola, biasanya 5 vs 5, mirip futsal namun pada suatu waktu akan diiringi lagu dangdut, ketika lagu berbunyi pemain wajib berhenti dan berjoget. Lucu kan lucu kan

9. Lomba Sepakbola Daster
Sama seperti sepakbola dangdut, namun di lomba ini peserta wajib menggunakan daster sebagai kostumnya, dan yang main bapak-bapak.

10. Lomba Gigit Koin
Salah satu lomba 17 agustusan yang mainstream, lomba gigit koin. Koin ditempelkan ke melon atau semangka yang sudah dilumuri kopi/arang/cokelat/minyak sayur agar membuat peserta yang ikut wajahnya jadi cemong-cemong. Inilah yang akan membuatnya lucu.

11. Lomba Estafet Karet dengan Sedotan
Jika biasanya estafet dilakukan oleh tangan, di lomba ini tidak berlaku. Peserta lomba disuruh untuk memindahkan karet gelang menggunakan sedotan yang digigit, kemudian dioper ke temannya yang lain untuk selanjutnya diteruskan ke garis finish. Penggunaan tangan untuk mengambil karet gelang tidak diperkenankan. Belum pernah coba? silahkan deh dicoba di kampung kamu pas lomba 17 agustusan.

12. Lomba Perang Bantal
Awalnya agak bingung mau dimasukkan ke kelompok anak-anak atau khusus dewasa lomba ini. Namun karena sebenarnya aman buat anak-anak, yasudah admin kelompokkan ke lomba yang bisa untuk anak-anak dan dewasa. Lokasi lomba biasanya diatas empang/kolam air kemudian diatasnya diberikan bambu/pohon pinang sebagai tempat perang bantal. Peserta yang bertahan tidak jatuh ke air adalah pemenangnya.

13. Lomba Menangkap Bebek/Mentok
Ini lomba cukup seru juga, apalagi jika diadakan di empang berlumpur yang cukup luas. Perjuangan peserta menangkap bebek yang lincah pasti akan mengundang gelak tawa.

14. Lomba Balap Karung Penguin - Ber Helm

Tahun lalu lomba ini menjadi sangat viral, karena lombanya yang sangat lucu. Peserta akan dibungkus oleh karung, diikat sampai leher, kemudian pakai helm. Lucu pake banget apalagi kalau ada peeserta yang sampai terjatuh gulung-gulung

15. Lomba Giring Bola Pakai Terong
Terong diikat diperut, menjuntai kebawah dan menjadi kaki ketiga kita. Peserta lomba bisa mengayun-ayun terong tanpa memegangnya, untuk kemudian diarahkan ke bola menggiring bola sampai finish. Lucu loh untuk Lomba 17 Agustusan :D

16. Lomba Memasukkan Paku ke Dalam Botol
Paku diikat ke perut melalui belakang, kemudian peserta berusaha memasukkan paku ke dalam botol tanpa memegang tali atau paku dengan tangannya

17. Lomba Balap Kelereng
Mungkin ide lomba 17 agustusan ini cocok untuk anak kecil. Lomba ini mengharuskan peserta untuk lari/berjalan menuju garis finish, namun sambil membawa kelereng yang dimasukkan ke sendok yang digigit peserta,

18. Lomba Merangkak Sambil Ngedot
Belum pernah ikut lomba ini? Sama. Mungkin di jawa tidak/belum populer, namun di Sulawesi lomba ini populer loh. Sama seperti lomba balap lainnya, lomba ini mengharuskan peserta untuk merangkak ke garis finish, namun sambil ngedot susu, Hahaha bisa diterapkan di kampung kamu.


Lomba 17 Agustus Kekinian 2018

Moba sedang hype banget di kalangan gamers di Indonesia, bahkan di Asian Games dipertandingkan loh. Tahun inilah untuk pertama kalinya e-Sport dipertandingkan di event sekelas Asian Games. Oleh karena itu, untuk menyaring bibit-bibit unggul pemain e-Sport, boleh lah diadakan lomba MOBA untuk 17 Agustusan, seperti berikut :
1. Lomba Mobile Legend
2. Lomba AOV
3. Lomba Cepet-cepetan bunuh lord
4. Silahkan tambahin

Demikianlah 25+ Ide Lomba 17 Agustus yang Menarik, Lucu dan Kekinian. Jika kamu ada info lomba lain yang bisa dimasukkan ke dalam list, silahkan sampaikan di kolom komentar ya.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar